Peserta bimtek antosias membuat ingrafis.


 REALITANUSANTARA.COM

Padang - Kegiatan hari ke tiga peserta Bimbingan teknis ( Bimtek ) Pengkajian Kebutuhan penghitungan cepat Pasca Bencana ( Jitu Pasna) Angkatan VIII, mengikuti materi dari beberapa narasumber.

Masing-masing peserta dikelompokkan untuk membuat infografis pengkajian kerusakan, kerugian pasca bencana guna mendapatkan data yang valid.untuk dokumen syarat bantuan.

Pemaparan infografis oleh peserta Bimtek Jitu Pasna dipandu langsung oleh Jayadi Imam Nugroho dari  Mahoni Cakra Saujana Jogjakarta.

Ada beberapa kelompok infografis, diantaranya kelompok jps, kelompok kopi paik, kelompok hip hura-hura, kelompok longsor. dan kelompok tangkas, kelompok siaga, ada juga kelompok maju dan lainnya.

Peserta bimtek antusiasme setiap kelompok dalam mempresentasikan hasil olahan data dilapangan, seperti bencana banjir, bencana gempa, bencana longsor, dan bencana tsunami.

Jayadi Imam Nugroho memaparkan, infogrfis merupkan info yang mudah dibaca, dipahami dan menjadi acuan dalam penanganan bencana.

“ Yang pasti, pelatihan ini sangat penting karena untuk menyiapkan data berbasis bukti saat bencana terjadi, bukan data yang sifatnya opini," kata Jay panggilan akrabnya dari PT. Mahoni Cakra Saujana (MCA) yang merupakan mitra kerja BNPB.

Lebih lanjut lagi Jay mengatakan, pemaparan infografis dari peserta bimtek bagus dan menarik semua. Artinya, peserta memahami materi yang telah diberikan oleh struktur," katanya saat memberikan materi pada jumat 1 Oktober 2021.

Editor : Deviana


Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.