Dukung Pengadaan Berkelanjutan , Wako Hendri Septa Utamakan Produk Dalam Negeri .

REALITANUANTARA.COM

Bali - Wali Kota Padang Hendri Septa mendapat kehormatan menjadi narasumber dalam kegiatan Indonesia Sustainable Procurement Expo ( ISPE ) 2022 , di Denpasar Bali , Jum'at ( 3/6/2022 ) . 

Event yang digelar perdana itu bertujuan untuk mengenalkan kepada stakeholder dan masyarakat yang lebih luas mengenai pengadaan barang / jasa pemerintah dengan konsep sustainable procurement ( pengadaan berkelanjutan ) . 

Satu panel dengan Wali Kota Makassar , Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan beberapa strategi Pemerintah Kota Padang dalam mendukung pengadaan barang dan jasa secara berkelanjutan . Salah satunya dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ( P3DN ) .

Wako Hendri menuturkan , ada beberapa kebijakan Pemerintah Kota Padang dalam pengadaan barang / jasa berkelanjutan . Diantaranya mempermudah perizinan , memperbanyak paket usaha mikro kecil , memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengikuti tender , serta mengupayakan agar produk lokal masuk e - katalog .

" Alhamdulillah , berdasarkan data pengadaan tahun anggaran 2022 dari BPBJ Kota Padang , dari 5.046 paket pengadaan melalui penyedia , 88 % nya dilaksanakan oleh penyedia yang berasal dari UMK . Semoga hal ini dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu , " ungkap Wako Hendri Septa . 

Lebih lanjut Wako Hendri Septa menuturkan , ada beberapa strategi pelaksanaan pengadaan berkelanjutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang . Diantaranya ; memberi kemudahan atas data UMK bagi OPD , mengutamakan produk UMK dalam penyusunan standar satuan harga Pemko Padang . Kemudian pada saat Desk Reviu RKA yang dilakukan oleh APIP dengan OPD maka senantiasa memperioritaskan TKDN dan UMK dalam pengadaan barang dan jasa , serta melakukan membinaan UMK oleh OPD terkait secara berkelanjutan .

" Di samping itu kita juga mendapatkan dukungan penuh dari tim TAPD Kota Padang serta memaksimalkan peran tim P3DN Kota Padang , " pungkas Wako Hendri Septa didampingi Kabag Pengadaan Barang / Jasa Setdako Padang Novalino dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis . 

Kegiatan yang digelar pada tanggal 2-3 Juni 2022 tersebut turut membantu pemerintah Indonesia menghidupkan kembali pengadaan barang / jasa , terutama yang bersumber dari produk UMKM yang terdampak selama masa pandemi dua tahun terakhir . 

ISPE 2022 terselenggara atas kerja sama berbagai inisiator dan pelaksana diantaranya AKEN ( Asosiasi Katalog Elektronik Nasional ) , LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah ) , APEKSI ( Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ) , APTIKNAS ( Asosiasi Pe - ngusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional ) , KREEN selaku pelaksana kegiatan serta Raja Travel . ( RN )


Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.