Kapolresta Padang AKBP. Ferry Harahap S. I. K. M.Si. Adakan silaturahmi dengan wartawan.

REALITANUSANTARA.COM

Padang --- Kapolresta Padang  AKBP. Ferry Harahap S. I. K. M.Si. Adakan acara silaturahmi dengan wartawan khusus nya wartawan posko Polresta padang, Rabu 15 Juni 2022 di Mapolresta Padang.

Ferry mengatakan, sebelum Sertijab dilakukan, dia datang menghadap bersama Kapolresta Padang yang lama, Kombes Pol Imran Amir ke Kapolda Sumbar.

Waktu itu, Kapolda Sumbar berkata kepada dirinya bahwa Polresta Padang itu hebat dan keren dipimpin oleh Imran Amir. Hal tersebut karena dedikasi dan pengabdian yang bersangkutan selama di Polresta Padang.

“Kapolda Sumbar mengatakan bahwa Polresta Padang itu hebat dan keren dipimpin Pak Imran Amir. Mendengar itu, saya khawatir juga bagaimana jika saya nanti tidak bisa menjadikan Polresta Padang seperti itu,” ucapnya.

Meski demikian, Ferry pun merasa tertantang. Dia pun meminta izin ke Kapolda Sumbar untuk menjadikan “Polresta Padang Hebat dan Keren” sebagai jargon selama dirinya memimpin.

“Polresta Padang Hebat dan Keren akan menjadi patokan, harapan, slogan, jargon, impian, visi-misi, atau tujuan yang harus kita wujudkan,” tegasnya.

Selama menjabat sebagai Kapolresta Padang, dia ingin menjadikan instansi tersebut, pertama, hebat dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Kedua, hebat dalam penegakan hukum. Dia menerangkan, Polri mau tidak mau menjadi tempat orang melapor membutuhkan keadilan, meskipun keadilan itu sendiri sebenarnya adalah milik Tuhan.

Tetapi keadilan, menurut hukum, adalah adil menurut dua belah pihak. Jadi, Polresta Padang harus hebat dalam menegakkan hukum, dalam menjadi problem solving,” Tuturnya.

Lebih lanjut Ferry mengatakan, tidak seluruh masalah harus diselesaikan lewat proses hukum. Tugas pokok Polresta adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Tujuannya agar seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas. Pendekatan hukum adalah upaya untuk menegakkan Kamtibmas.

“Ketika penegakan hukum malah tidak membuat masyarakat tidak nyaman, itu tidak akan kita lakukan,” ujar Ferry.

Ferry mencontohkan, di Sumbar atau di Kota Padang khususnya, ada tradisi di masyarakat kalau mengelar pesta pernikahan atau baralek pasti tendanya akan menutup badan jalan.

Hal tersebut menyalahi undang-undang. Namun, seorang polisi harus bersikap bijak dalam menghadapi persoalan itu.

“Itulah gunanya fungsi preventif. Kita sosialisasikan ke masyarakat bahwa yang ingin baralek, datanglah ke kantor untuk buat izin keramaian. Izin keramaian itu bukan untuk membatasi, tetapi kita menyampaikan pesan-pesan kalau seandainya buat acara, tolong kasih sedikit jalan supaya tidak membahayakan pengguna jalan karena harus melawan arus lalu lintas dan sebagainya,” paparnya.

Ketiga, lewat jargon “Polresta Padang Hebat dan Keren”, dirinya bertekad untuk menjadikan instansi tersebut sebagai kebanggaan. Anggota Polresta Padang harus bisa menjadi contoh dan teladan di masyarakat.

Dalam bertugas, personel harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Anggota Polresta Padang harus amanah dalam menjalankan tugas sehingga bisa menjadi kebanggaan bagi instansi, keluarga, dan masyarakat.

“Dengan kita bersinergi tiga hal tersebut pasti  kita bisa Wujudkan,” Tutupnya


Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.