DPUPR Mentawai melalui Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) pada tahun 2023 akan bangun jaringan peningkatan irigasi di dua lokasi.


REALITANUSANTARA.COM

MENTAWAI - DPUPR Mentawai melalui Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) pada tahun 2023 akan bangun jaringan peningkatan irigasi di dua lokasi yakni, Matobek dan silak oinan  Kecamatan Sikakap.

Kepala Bidang PSDA DPUPR Mentawai, Jonsa mengatakan, peningkatan irigasi yang akan di bangun di dua lokasi  kecamatan sikakap tersebut, adalah merupakan kebutuhan masyarakat.

Indikator utama dibangunnya peningkatan irigasi, karena selama ini pemanfaatannya belum maksimal, jadi tahun ini di upayakan untuk bisa maksimal," tuturnya.

Dia juga menyebutkan, Untuk anggaran pembangunan Irigasi di dua lokasi yakni matobek anggarannya sebesar Rp. 1,9 Miliar dan Silak'oinan sebesar 1,5 Miliar. 

"Total anggaran kedua lokasi peningkatan irigasi tersebut sebanyak  Rp. 3,4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU)" ucap Jonsa Senin (3/4/2023).

Jonsa juga menjelaskan, untuk irigasi di Silak'oinan ini ada penambahan talang sebanyak 4 sampai 5 dan tambahannya saluran dan kedua lokasi ini sama-sama peningkatan irigasi.

Lebih lanjut Jonsa mengatan,  bahwa bangunan irigasi yang sudah ada sebelumnya, ternyata belum maksimal, karena tidak sebanding dengan hasil produksi pertanian masyarakat,  maka tahun ini dengan adanya program peningkatan irigasi di dua lokasi di kecanatan sikakap tersebut, akan di upayakan semaksimal mungkin, agar  memberi manfaat bagi masyarakat petanibkita, "ucapnya

Menurut dia program-program yang di usulkan ini guna memaksimalkan hasil panen masyarakat serta di dukung dengan sumber daya yang ada dan diharapkan masyarakat petani tetap semangat dan antusias.

Lebih lanjut lagi dia menyampaikan, terkait soal irigasi tersebut,  memang masyarakat banyak mengeluh karena pengairan sawah masih belum maksimal, sehingga berdampak kepada hasil pertanian.  Dari hasil survvei yang di lakukan di lapangan, maka menjadi solusi yang harus di lakukan itu dengan meningkatkan fasilitas irigasi.

"Nantinya selesai peningaktan  pembangunan irigasi yang berada di dua lokasi kecamatan Sikakap ini, maka akan berdampak terhadap peningkatan produksi hasil pertanian, terutama hasil panen sawah. ( RN )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.