Bupati Solok, Epyardi Asda Sambut Baik Kedatangan komisi V DRR RI di kabupaten Solok

REALITANUSANTARA.COM

SOLOK -- Komisi V DPR RI mengunjungi proyek normalisasi Batang Lembang di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, pada Kamis, 22 Juni 2023.

Rombongan dipimpin oleh wakil ketua Komisi V DPR RI, Muhammad Igbal. Sedangkan anggota Komisi V lainnya adalah Efendi Sinanipar, Cen Suilan, Ilham Pangestu, Sumail Abdullah, Iiis Rosyita Dewi, Fadholi, Ruslan M.Daud, Dedi Wahidi, Lasmi Indaryani, Sigit Sos Antono, Athari Gauthi Ardi, dan Hana Gayatri.

Selain itu bersama rombongan Komisi V DPR RI tersebut, juga ikut Direktur Sungai & Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air(SDA) Kementrian PUPR, Bob Arthur Lombogia.

Kedatangan kunjungan Komisi V DPR RI ke Kabupaten Solok, disambut langsung Bupati Solok, Epyardi Asda di lokasi proyek Normalisasi Batang Lembang, Koto Baru Kecamatan Kubung.

Turut mendampingi Bupati Epyardi Asda dalam penyambutan tersebut, Sekretaris daerah Kabupaten Solok, Medison, Kepala Dinas PU, Asisten II, Deni Prihatni, Efia Vivi Fortuna, dan pejabat lainnya.

Selain itu juga hadir Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Muhammad Dian Al Makruf, dan Kepala Balai Pelaksanaan jJalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat, Tabrani.

Bupati Solok, Epyardi Asda pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa terlaksananya proyek normalisasi Batang Lembang setelah diajukan Proposal ke Pemerintah Pusat yang didukung oleh Komisi V DPR RI.

“ Setelah 2021 saya menjadi Bupati, lalu saya usulkan proposal dan didukung oleh kawan-kawan Komisi V, Al hamdulillah saat ini semua dapat terlaksana.” Ujar Bupati Epyardi Asda.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI, Asal Pemilihan Provinsi Sumatera Barat II, Athari Gauthi Ardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Normlisasi Batang Lembang dilaksanakan pada dua titik, yaitu di Nagari Koto Baru dan di Nagari Selayo Kecamatan Kubung, dengan total anggaran 19,5 Miliyar rupiah.

Menurut Athari lagi normalisasi tersebut telah diusulkan pada tahun 2021, namun baru dapat terlaksana pada tahun 2022.

Ditegaskan Athari, dirinya bersama pemerintah daerah Kabupaten Solok akan tetap mengusulkan kembali kelanjutan pembangunan normalisasi Batang Lembang untuk tahun 2024, karena Batang Lembang ini cukup panjang, melewati dua Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Solok dan Kota Solok.

Diketahui kawasan aliran sungai Batang Lembang terutama yang berada di Nagari Selayo dan Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, jika curah hujan tinggi terutama pada musim hujan di sekitan Gunung Talang, hamper bisa dipastikan kedua Nagari tersebut akan terendam banjir. (Nazwir Koto)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.