Universitas Andalas Padang meluncurkan Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik ( FT ).

REALITANUSANTARA.COM

Padang - Bertepatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.  Universitas Andalas Padang meluncurkan Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik ( FT ).

Dengan peluncuran Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas siap menerima mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur. Untuk tahun 2023 ini langsung menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri dengan kuota yang disediakan sebanyak 40 orang.

Sementara ini penerimaan mahasiswa, untuk tahun awal ini, melalui jalur mandiri dan tahun depan akan dimasukkan dalam tiga jalur penerimaan yakni, seleksi nasional jalur prestasi, jalur seleksi tes dan Sima Unand.

Rektor Universitas Andalas Padang Prof. Yuliandri mengatakan, bertepatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada setiap 5 Juni, dan hari ini kita meresmikan satu prodi yakni, Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik ( FT ). Dengan peluncuran ini menjadi catatan sejarah bagi Universitas Andalas, khususnya Fakultas Teknik, dengan peluncuran Prodi Arsitektur," ucap Rektor saat wawancara usai meresmikan, Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur. Senin 05 Juni 2023 di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Lebih lanjut Yuliandri mengatakan,  pendirian Prodi ini, pada dasarnya dengan latar belakang tuntutan kebutuhan.  Pada pembukaan SIMA tahun pertama, Universitas Andalas akan menerima 40 mahasiswa baru.

"Untuk tahun awal ini melalui jalur mandiri (SIMA) tetapi tahun depan akan dimasukkan dalam tiga jalur penerimaan, seleksi nasional jalur prestasi (SNBP), jalur seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas," kata Yuliandri

Rektor juga menyampaikan, terkait persiapan sudah dilakukan dan tentunya untuk awal ini akan memaksimalkan yang ada, baik itu sarana dan prasarana maupun tenaga pendidik atau dosen," ujarnya

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri mengungkapkan selama empat tahun ke depan Prodi Arsitektur bekerja sama dengan Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sebagai penguatan tahun pertama, dikatakannya, beberapa mata kuliah (Matkul) Prodi Arsitektur diampu dosen-dosen dari Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB. 

Universitas Andalas juga berencana menerapkan sistem credit earning (pertukaran mahasiswa), khususnya dari Prodi Arsitektur untuk menimba ilmu di Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Pada saat peluncurkan yang ditandai dengan pemukulan gandang tabuik bersama Dekan, Ketua Tim Pendiri Prodi Arsitektur Ir. Rudy Ferial, MT, Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan ITB Dr. Sri Maryati, MIP, Ketua Umum Arsitek Indonesia Gergius Budi Yulianto.

Kegiatan ini dilanjutkan Kuliah Umum dengan tema Menjawab Tantangan Masa Depan dengan Computation  Architecture yang dipandu Vebryan Rhamadana, S. Ars. M. Ars menghadirkan narasumber Fauzan Alfi Agirachman, Ph. D (Dosen Sekolah Arsitektur Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung. ( Ayu )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.