REKTOR UNES MELEPAS 8 ORANG MAHASISWA UNES LULUS MBKM.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Rektor Universitas Ekasakti Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd  didampingi Kepala Lembaga Diklat RPL dan MBKM Prof. Dr. H. Agussalim, S.E, M.S, MCE melepas 8 orang mahasiswa Unes yang lulus MBKM berangkat ke Perguruan Tinggi dan tempat magang . Selasa (22/8) kemarin di Ruang Sidang Rektor Gedung Rektorat Lantai I Universitas tersebut.

Mahasiswa yang lulus Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu adalah dari Prodi Akuntansi Chintia Indah Permata Sari ditempatkan pada Universitas Padjajaran, Prodi Manajemen Yoga Arjuna di Universitas  PGRI Jogyakarta, Prodi Arsitektur Yogi Saputra ITB Bandung.  Program Kampus Mengajar dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fajri Fatrurahman pada SMK Negeri  2  Painan. 

Untuk Program Magang dan Studi independent Bersertifikat dari Prodi Manajemen Supradi ditempatkan pada  Direktorat  Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Didirektorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.  Prodi Administrasi Negara Retno Putri pada PT. Pintar Pemenang Asia,  Prodi Arsitektur  Darusman Sepsio Putra di PT. Telkom Akses (Balik Papan Kalimantan), Prodi Teknik Sipil  Juki Julidra Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Sumatera Barat

Acara pelepasan 8 orang mahasiswa itu dihadiri Wakil Rektor I Dr. Ir. Dewirman Prima Putra, M.Si , Wakil Rektor III Drs. Takdir Mataliti, M.Si, para Dekan dan Ketua Prodi juga hadir Sekretaris Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP).

Kepala  Lembaga Diklat RPL dan MBKM  Prof. Dr. H.Agussalim, S.E, MS, MCE mengatakan mahasiswa yang diterima pada Program MBKM itu melalui ujian dari pemerintah, insyaallah trahun depan lebih banyak lagi Unes diterima pada Program MBKM ini.

Agussalim berharap kepada Ketua Prodi agar mahasiswa itu dibekali apa mata pelajarannya yang akan menjadi bagian MBKM, kalau mahasiswa pertukaran mahasiswa dan magang mata kuliahnya sudah jelas, kemudian program magang independen ini yang susah karena yang menentukan Ketua Prodi.

Ketua Prodi harus berkonsultasi dan berkoordianasi dengan Dekan, Wakil Rektor I,  Fakultas dan Universitas satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. diharapkannya Ketua Prodi agar mempersiapkan mata pelajarannya, sehingga pada saat pembukaan KRS semester ganjil depan, Ketua Prodi sudah memasukannya membantu dalam proses KRS tersebut.

Kemudian Kepala Lembaga RPL dan MBKM menyerahkan nama-nama mahasiswa yang mengikuti MBKM kepada Rektor Universitas Ekasakti untuk dilepas keberangkatan ketempat tujuan.

Rektor Unes mengatakan mahasiswa Prodi Arsitek  bisa belajar di ITB, mahasiswa Prodi Manajemen bisa belajar di Universitas PGRI Jogyakarta, dan Mahasiswa Prodi Akuntansi belajar di Universitas Padjajaran,  ini luar biasa, yang paling mahal di Perguruan Tinggi yang baik adalah iklim, karena system belajar disana sudah bersifat konpotitif, perpustakaannya lengkap, system sudah bagus. 

Iklim kampus itu harus saling mendukung mudah mudahan tiap tahun anak kita dapat menularkan kebiasaan kebiasaan seperti itu 

Kepada mahasiswa magang Rektor berharap agar bisa merobah pola piker, disiplin waktu kerja, pada perusahaan itu teknologi sudah berkuasa, merubah prilaku, karena orang perusahaan itu sudah punya prinsip waktu itu adalah uang,  yang diperoleh disana adalah kecanduan bekerja, jelas pekerjaan itu jangan tidak ada program.  Magang selama 6 bulan diakui 20 SKS . 

Kepada mahasiswa yang belajar di ITB, Universitas Padjajaran dan Universitas PGRI Jogyakarta dibebaskan uang kuliahnya oleh Yayasan Perguruan Tinggi Padang selama satu semester.

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.