UNES SATU-SATUNYA UNIVERSITAS MEMPEROLEH REKOGNASI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL).

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Lokakarya pengembangan kurikulum pembelajaran berbasis Kampus Merdeka secara resmi dibuka Rektor Universitas Ekasakti Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M,Pd , Sabtu (5/8) kemarin di Ruang Sidang Rektor  Lt.1  Gedung Rektorat Unes.

Lokakarya itu dilaksanakan Fakultas Hukum Universitas Ekasakti dengan menghadirkan 5 orang narasumber,  peserta seluruh dosen Fakultas Hukum, Tenaga Kependidikan dan  Mahasiswa , BEM Fakultas Hukum.

Materi yang dibahas dalam lokakarya ini oleh narasumber yaitu Wery Terisyah, ST, MT tentang penyusunan kurikulum berbasis merdeka, Prof. Dr. Darmansyah, ST, M.Pd dengan materi pengembangan dan peninjauan kurikulum, Dr. Syofiarti, SH, MH memberikan materi pembelajaran berbasis kurikulum KKNI dan Dr. Yusfar, SH, MH dengan materi partisipasi Alumni  dalam pemberdayaan lulusan serta  Faisal Rahman SE, SH, MH peran stakeholder dalam peningkatan mutu pendidikan dan keberhasilan lulusan.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Ekasakti Prof. Dr. Dra. Hj. Darmini Roza, SH, M.Hum mengatakan tujuan lokakarya Pengembangan kurikulum sebagaimana kurikulum yang ada saat ini semakin berkembang, apalagi dengan ada nya program MBKM yang akan kita implementasikan pada semester ini. Untuk itu saya sebagai Dekan Fakultas Hukum sangat mengharapkan kurikulum yang akan kita buat dapat disesuaikan dengan perkembangan hukum yang ada saat ini. 

 Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd mengatakan kurikulum yang ada sekarang  perlu di rubah karena adanya perkembangan teknologi, Kebutuhan masyarakat dan dinamika yang ada ditengah masyarakat dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, stakeholder, sehingga lulusan kita sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan dalam dunia kerja. Mencari relefansi terhadap perkembangan kurikulum sehingga bidang keilmuwan dapat terpakai ditengah-tengah masyarakat.

Di Sumatera Barat Unes adalah satu-satunya Universitas yang memperoleh Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). RPL ini merespon pendidikan untuk semua maka dipelajari dan dievaluasi pendidikan formal, nonformal, informal, dan pengalaman serta riwayat pekerjaannya. RPL untuk saat ini difokuskan pada 5 (lima) Prodi yakni  Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu Pemerintah, Manajemen dan Ilmu Hukum. ( ** )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.