Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kab. Solok Tahun 2025-2045,.

REALITANUSANTARA.COM

SOLOK -- Pemerintah Kabupaten Solok gelar Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kab. Solok Tahun 2025-2045, Kamis, 2 November 2023 di Ruang Pertemuan Chinangkiak Dream Park Singkarak

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Kepala Barenlitbang Ir. Desmalia Ramadhanur, Sekretaris Barenlitbang Nafri, ST, MT, M.Sc, Tim Penyusunan RPJPD dari OPD se-Kabupaten Solok.

Kepala Barenlitbang Ir. Desmalia Ramadhanur, Tim Penyusunan RPJPD Kab. Solok saat ini telah hadir secara keseluruhan sebanyak 40 Orang, Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 Hari mulai tanggal 1 s.d 3 November 2023.

Sebelumnya telah dilakukan Pemaparan Materi oleh Bapenas tentang Penyelarasan RPJPD dengan RPJPN, Selanjutnya akan dilakukan Zoom Meeting bersama Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri yang membahas materi tentang Teknis Penyusunan RPJPD.

Sementara itu Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, mengatakan, RPJPN akan menjadi acuan kita dalam menyusun RPJPD yang nanti akan terbagi dalam siklus 5 tahunan, dan sebelum masuk ke program penyusunan RPJPD berikut, tentu harus ada evaluasi terlebih dahulu, karena dari evaluasi itulah nantinya dapat dilihat capaian RPJPD sebelumnya dan akan terlihat keberlanjutan untuk RPJPD 2025-2045 nantinya.

Dalam menyusun RPJPD kita tetap menerima  masukan dari pakar untuk beberapa sudut pandang, akan tetapi tentunya yang lebih tau tentang potensi dan kondisi daerah adalah kita.

Perencanaan itu Futuristik yang menginginkan sesuatu yang sempurna, namun perlu diingat kita adalah pemerintah daerah yang penuh dengan keterbatasan, baik itu keterbatasan SDM, Pendanaan maupun kerangka kebijakan, oleh karena itu dalam menyusun perencanaan tidak perlu yang muluk-muluk akan yang realistis untuk dicapai sehingga dapat dirasakan manfaatnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi Bimtek oleh Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri RI. ( @ )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.