SOSIALISASI KIAT KIAT PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah seorang Asesor Nasional dan sekarang menjabat Rektor Universitas Taman Siswa sebagai narasumber dan  memberikan sosialisasi kiat-kiat penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada Dosen dilingkungan Universitas Ekasakti.

Sosialisasi ini diselenggarakan Lembaga Penellitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ekasakti, diikuti 40 orang dosen dari berbagai Fakultas dilingkungan Universitas Ekasaakti. Selasa (21/11) kemarin  dibuka secara resmi Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd di ruang sidang Rektor  Lantai 1 Gedung Rektorat Universitas tersebut.

Rektor Unes mengatakan sosialisasi ini merupakan peluang yang baik bagi dosen Unes, Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah disamping sebagai Asersor juga  Tim Reviewer Nasional, dan Prof. Dr. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si Kepala LPPM  Unes sekarang  dipercaya sebagai Asesor Nasional.

Menurut Undang Undang No. 14 tahun 2005  yang disebut dosen itu adalah pendidik yang profesional dan ilmuan, sebagai seorang ilmuan tentu kita perlu meneliti dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Apalagi dimuai pada bulan Januari 2024 sistem kenaikan pangkat dosen sudah terkoneksi dengan sister. Sister ini perlu di jaga yang berkaitan  dengan pendidikan pembelajaran, penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat dan segala macam aktifitas dosen.  Prof. Irfan nanti akan memulai dengan apa kiat kiatnya. Rektor menambahkan kalau sulit mencari judul  ada yang paling mudah coba dicbaca disertasi disertasi orang, pada disertasi  atau tesis ada rekomendasi, disana peneliti penelitai tentang variable dan independen-independen ini kepada peneliti selanjutnya kami sarankan. Ini mungkin juga cara-cara yang mudah. Jadi dengan membaca rekomendasi thesis dan rekomendasi tentang disertasi tampak disana apa lagi problem yang perlu diteliti.

Kedua, apa penelitian yang dilakukan kualitatif atau kwantitatif, pada umumnya orang eksakta meneliti yang kwantitatif, penelitian kwantitatif pradigmanya positif. Harus jelas teorinya dengan teori itulah menurunkan nanti variable variable apakah itu bersifat independen atau indeavariable. Bagi peneliti kualitatif paradigmanya pos positiftik yang melihat fenomena-fenomena yang terjadi ditengah masyarakat.

Rektor mengharapkan dalam melakukan penelitian harus sesuai dengan bidang studi dan jangan lupa mengikut sertakan mahasiswa sebagai kolaboratif riset, mahasiswa tadi tidak sekedar disuruh mengumpulkan data, tapi dilibatkan dalam proses diskusi, disinilah learning proses riset, begitu juga dengan pengabdian kepada masyarakat libatkan mahasiswa, ini tinggi nilanya dalam Indikator Kerja Utama (IKU),

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.