Sekretariat DPRD Sumatera Barat, melakukan kegiatan presentasi terkait Monitoring dan Evaluasi Keterbukan informasi Badan Publik Tahun 2023,

REALITANUSANTARA.COM

PADANG – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat,  melakukan kegiatan presentasi terkait Monitoring dan Evaluasi Keterbukan informasi Badan Publik Tahun 2023, Jumat 01 November 2023 di lakukan di salah satu hotel di Kota Padang.

Presentasi dilakukan oleh Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis di dampingi oleh Kabag Persidangan dan perundang-undangan, Zardi serta Kasubag Humas dan protokoler Dahrul Idris. Acara ini juga di hadiri oleh Tim dan Juri dari komisi informasi provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris DPRD  Sumbar Raflis mengatakan,  bahwa keterbukaan informasi yang dilakukan DPRD Sumbar dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Banyak cara dan inovasi yang telah kita lakukan sejauh ini untuk keterbukaan informasi kepada masyarakat soal DPRD. 

Hal yang kita lakukan dengan memperkuat tim di bidang informasi dan IT DPRD Sumbar untuk memperkuat," ucapnya saat kegiatan tersebut

Ia mengatakan, saat ini pihaknya diperkuat dengan tim IT yang ahli di bidangnya.

Raflis menjelaskan, Untuk tim IT, kita memiliki 11 orang dan untuk inovasi yang kita ciptakan sudah ada 18 inovasi yang bisa di manfaatkan dan di akses oleh masyarakat, diantaranya melalui platform Youtube ASIK DPRD Sumbar, pojok digital, e learning, dll,” terangnya

Lebih lanjut Raflis mengatakan bahwa semua inovasi yang dihasilkan di DPRD Sumbar bertujuan membuat kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi terkait DPRD. “Sehingga masyarakat mudah mengetahui semua informasi soal DPRD dengan baik,” jelasnya.

Bagi DPRD Sumbar, masyarakat tak hanya bisa akses informasi soal DPRD, namun juga soal anggota dewan yang duduk di DPRD Sumbar, bidang-bidang yang ditangani dengan baik, mitra kerja, dll.

“Kita juga menghadirkan sosok anggota dewan dalam melaksanakan tugasnya, sehingga masyarakat tahu dengan baik tugas kedewanan,” ucapnya lagi

Raflis juga mengatakan, inovasi akan terus dikembangkan oleh DPRD untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi seputar DPRD. “Dan tahun 2024 kita akan terus menghasilkan inovasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska mengatakan, kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukan informasi Badan Publik Tahun 2023 ini diikuti oleh puluhan badan publik.

“Melihat dari kesadaran badan publik terhadap keterbukaan informasi publik, tahun ini mengalami peningkatan yang baik di banding tahun lalu. Ini juga di dukung dengan masuknya penilaian keterbukaan informasi dalam kinerja,” katanya.

Untuk panelis tahun ini, KI Sumbar menghadirkan panelis dari internal dan eksternal. Internal dari pihak KI sendiri dan dari eksternal dari akademisi.

Editor : Deviana

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.