FPK SUMBAR BERSILATURAHMI KE UNES.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG - Rektor Universitas Ekasakti Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd terima kunjungan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sumatera Barat ke Unes dalam rangka kerjasama di bidang pendidikan, Kamis (30/5) kemarin di Ruang Sidang Rektor Lt. I Gedung Rektorat Universitas tersebut.

Rektor Unes didampingi Wakil Rektor I DR, Ir. Dewirman Prima Putra, M.Si sangat senang dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Forum Pembauran Kebangsaan Sumatera Barat ke Universitas Ekasakti,  yang dipimpin oleh Ketua Umum FPK Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum 

Kunjungan ini merupakan langkah awal bagi FPK Sumbar untuk menjejaki kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Universitas Ekasakti.  Sebelum ini FPK Sumbar  melakukan pertemuan dengan Rektor UNP Prof. Dr. Ganefri  juga dalam rangka kerjasama di bidang pendidikan.

Rektor Unes dalam pertemuan itu memperkenalkan para pimpinan dilingkungan Unes mulai dari Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Dekan dan Kepala Biro kepada Pengurus FPK Sumbar.   Budaya minangkabau mempunyai sikap keterbukaan, sikap cepat menyesuaikan diri dengan kelompok-kelompok etnis yang lain.  

Secara historis bapak bapak ini telah melanjutkan  pemikiran para sesepuh  kita yakni yong Java, yong Sulawesi, yong Ambon,yong Sumatera dan sebagainya, pada hakekatnya membangun nilai nilai kebangsaan. Suasana seperti itulah yang dimulai dalam  konsep 1908 tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara semakin diperkuat dengan adanya sumpah pemuda.

Orang minang mempunyai filosofi dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.  Kehadiran FPK Sumbar dari para perantau dalam berbagai etnis, sudah menyatu dalam suatu kesatuan bangsa, ini suatu   modal dasar bagi kita membangun bangsa dan negara dan membangun Sumbar pada khususnya. Forum ini amat mulia bisa kita bermusyawarah, bermufakat, sebagai suatu forum yang menjadikan forum solusi yang tidak membuat komplik antar etnis.    0leh karena itulah Universitas Ekasakti menggambarkan  Universitas Indonesia karena tenaga pengajarnya dari berbagai daerah.      

Persatuan dan kesatuan ini dibangun dan diperkuat dalam Undang Undang No.12 tahun 2012 pertama wajib diajarkan bahasa Indonesia, sebagai lima perangkat, sebagai bahasa persatuan dan kesatuan, kedua wajib  diajarkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, sebagai filosofi serta kewarganegaraan, dan agama. Empat mata kuliah ini dipayungi Undang Undang No.12 tahun 2012. Ketiga Universitas Ekasakti mempunyai program keunggulan yang dimiliki yaitu kewirausahaan.

Rektor Unes mengungkapkan bahwa Unes mempunyai 21 Program Studi dan 2 Program Diploma III, semuanya sudah terakreditasi, bagi anak FPK yang mau kuliah di Unes akan diberikan fasilitas berupa bea siswa keringanan uang kuliah, juga ada beasiswa bidikmissi dan beasiswa KIP. Beasisswa KIP  mempunyai teregolasi dia mendapat semacam bidikmisi di SMA/SMK mendaftarlah pada 21 Program Studi di Unes, Dalam KIP ini SPP bebas selama 8 Semester, dan diberi uang harian Rp. 900.000,- per orang dan per bulan.  Pendaftaran mulai awal Juni 2024.

Unes diberikan kepercayaan untuk melakssanakan RPL oleh pemerintah, satu satunya Perguruan Tinggi di Sumatera Barat. Pengalaman selama ini dinilai oleh TIM,  tentu ada sertifikanya, ada karya yang lain. Kalau ke S2 kuliahnya hanya satu semester, Ada program Kuliah untuk S1 kuliahnya dari Senin sampai Kamis, bagi yang bekerja kuliahnya Jum’at dan Sabtu.       

Ketua Umum FPK Sumatera Barat Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum memperkenalkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Sumbar kepada Unes, pada umumnya yang duduk dalam kepengurusan FPK Sumbar itu adalah dari Unes. Cekal bakal beridinya FPK Sumbar dari Unes, yang didirikan dan dibentuk oleh Prof. Dr. H. Andi Mustari, Pide, S.H (Almarhum) sebagai Ketua Umum FPK Sumbar Pertama, kemudian setelah beliau meninggal digantikan oleh Dr. Otong Rosasi, S.H, M.Hum sampai sekarang.     

Dr. Otong Rosadi mengatakan FPK Sumbar adalah suatu wadah tempat bersatunya Etnis yang berada pada suatu daerah, bekerjasama dalam bidang pendidikan, sosial dan budaya. Dalam kontek ini telah dimulai pertemuan dengan Prof. Dr. Ganefri Rektor UNP, kedua dengan Rektor Unes dan Rektor Unand.. Unes tempat yang bersjarah bagi FPK Sumbar Dua Forum pembentukan Mendagri yaitu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK). FPK difasilitasi oleh Kesbangpol dan FKUB difasilitasi oleh Kesbangpol dan Deparemen Agama.

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.