Universitas Andalas Padang gelar konferensi pers terkait penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur UTBK tahun 2023.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG – Universitas Andalas Padang gelar konferensi pers terkait penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2023. Sebanyak 10.485 Jumlah calon mahasiswa atau peserta Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 yang akan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) di Universitas Andalas pada bulan Mei mendatang.

Rektor Universitas Andalas padang,  ( unanand ) Prof. Yuliandri dalam konferensi pers mengatakan, jalur SNBT ini merupakan jalur kedua penerimaan mahasiswa baru, setelah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Dari jumlah itu, Universitas Andalas hanya melakukan UTBK SNBT satu gelombang yaitu dari tanggal 8 – 14 Mei 2023,  dan menyediakan 17 lokasi ujian di Kampus Limau Manis dengan 16 penanggung jawab lokasi, sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur SNBT dijadwalkan pada tanggal 20 Juni 2023 sekitar pukul 15.00 WIB.

“Untuk lokasi ini, nantinya peserta akan lebih dimudahkan dengan adanya scan QR Code (google map) serta juga akan ada pemandu dari Menwa, Pramuka dan juga Satpam Universitas Andalas,” ucapnya kepada media saat Konferensi Pers pada Selasa 18 April 2023 di Ruang Senat Lantai IV Gedung Rektorat.

Lebih lanjut Yuliandri mengatakan, untuk jalur SNBT dengan pelaksanaan UTBK ini, Unand menyediakan kuota 40 persen, dan Persentase per prodi tentu berbeda-beda.

Lebih lanjut lagi Yuliandri mengatakan, begitu juga kuota yang tersisa dari jalur SNBP dan SNBT tersebut nantinya, akan ditambahkan untuk jalur Mandiri, dan pihak kampus mematok angka maksimum 50 persen dari total kuota yang tersedia untuk jalur tersebut.

Yuliandri juga menyebutkan,  SNBT ini, calon mahasiswa juga bebas memilih prodi. Tentu kita juga minta, merdeka harus dengan bertanggung jawab, yakin, setelah masuk, dia mampu,” ucap Yuliandri.

Lanjut lagi dia mengatan, di SNBT inii materi, tes berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kini ada ujian potensi skolastik, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dengan alokasi waktu 195 menit.

Wakil Rektor I Unand, Prof Mansyurdin sementara itu  menambahkan, untuk pelaksanaan UTBK di Unand, dilaksanakan dalam satu gelombang dari dua gelombang yang ditetapkan panitia penerimaan mahasiswa baru tahun ini. untuk pelaksanaan ujian  UTBK SNBT. dimulai dari 8 Mei hingga 12 Mei,” tutur Mansyurdin.

Hal tersebut  karena jumlah peserta UTBK yang berjumlah 10.483 orang diprediksi bisa selesai  dalam waktu lima hari. Kemudian untuk persiapan UTBK, Unand sudah menyiapkan 1.255 unit PC, 125 PC cadangan dan jaringan internal menggunakan fiber optik di 17 lokasi ujian. ( Ayu )

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.