KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL DAN HUKUM


REALITANUSANTARA.COM

PADANG -- Kuliah Umuim Kewirausahaan Berbasis Digital dan Hukum dilaksanakan Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti dengan menghadirkan narasumber Niko Kamal, S.H, LLM, Phd diikuti 113 orang mahasiswa yang  mengambil  mata kuliah Kewirausahaan.

Sebelum Kuliah Umum dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Ekasakti dengan PT. Pustaka Angrek Group. Pihak Unes ditandatangani Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd dan Pihak PT. Pustaka Angrek Group ditandatangani Direktisnya Desti, S.E  Penandatangan ini disaksikan Kepala Lembaga Kerjasama dan Sistem Informasi, Warek I dan II Dekan Fakultas Ekonomi, Prodi dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan serta mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan  

Kuliah Umum tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Ekasakti Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd  di Ruang Sidang Rektor Lantai 1 Gedung Rektorat Universitas tersebut, Sabtu (21/10) kemarin.

Rektor dalam sambutannya  mengharapkan peserta membuat ringkasan baru  bermakna kuliah umum ini, sesudah itu buat kesimpulan dan analisis. Apa kekuatan, kelemahan dan tantangan dalam menghadapi kewirausahaan.

Rektor mengucapkan terima kasih dengan adanya kerjasama antara Unes dengan PT. Pustaka Anggrek. Dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa yang belanja di Sari Anggrek diberi potongan sepuluh persen dengan memperlihat kartu dari Unes.

Kerjasama ini juga secara selektif mahasiswa Unes melakukan magang di Sari Anggrek, ini terbuka untuk MBKM yang betul-betul yang ingin belajar tentang dunia usaha, dunia industry sangat selektif  magang atau praktek di Sari Angrek kalau wakatunya lebih kurang 6 bulan  disebut resis ini akan diakui  setara  dengan 20 SKS. Tetapi betul betul diikuti program ini dengan sebaik baiknya.

Kerena  peluang ini belajar pada akademik dengan dosen-dosen dilingkungan kerja di Sari Anggrek itu namanya dua system, satu system secara teoritis dan satu lagi secara sistematis. Itu yang membuat mahasiswa kita semakin profesional dia tidak jauh dari dalam dunia kewirausahaan.

Di Universitas Ekasakti mata kuliah kewirausahaan ini adalah mata kuliah unggul merupakan ciri dari Universitas Ekasakti diberikan selama 2 semester. Setiap semester 2 SKS Kewirausahaan dapat kewirausahaan lanjut. Kuliah Umum seperti ini adalah dalam rangka memantapkan proses pembelajaran kewirausahaan.

Dekan Fakultas Ekonomi Unes Dr. Salfadri, SE, M.Si mengharapkan kepada mahasiswa yang mengikuti Kuliah Umum berbasis digital dan Hukum ini agar menggali ilmu dan banyak bertanya kepada narasumber, sehingga nantinya bisa mengambil manfaat dari kuliah umum dan  bisa pula  diterapkan dilapangan dunia usaha dan  membuka usaha baru, membuka lapangan kerja nantinya.  

Narasumber Niko Kamal, S.H, LLM, Phd mengatakan kewirausahaan digital yaitu kewirausahaan yang dipengaruhi atau memanfaatkan , transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat.

Dalam Permendagri No. 31/2023 menyatakan perdagangan melalui system Elektronik adalah merupakan perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik.

Penyelenggaraan Sarana Perantara adalah pelaku usaha dalam negeri dan pelaku usaha luar negeri yang menyediakan sarana komunikasi elektronik selain penyelenggara telekomunikasi yang banyak berfungsi sebagai perantara  dalam komunikasi  elektronik antara pengirim  dan penerima.

Penyelenggara perdagangan melalui system Elektronik adalah pelaku usaha penyedia komunikasi elektronik yang digunakan untuk transaksi perdagangan. Penyelenggara media sosial yang menyediakan menu fasilitas tertentu yang memungkinkan pedagang dapat merangsang penawaran barang dan jasa.
Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.