Sebanyak 9.997 peserta memilih melakukan ujian di pusat Ujian Tulis Berdasarkan Komputer (UTBK) Universitas Andalas tahun 2024.

REALITANUSANTARA.COM

Padang – Sebanyak 9.997 peserta memilih melakukan ujian di pusat Ujian Tulis Berdasarkan Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Universitas Andalas 2024.

Dari jumlah itu, Universitas Andalas hanya melakukan UTBK SNBT satu gelombang yakni dari tanggal 30, 2 – 5 Mei 2024, sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur SNBT dijadwalkan pada 13 Juni 2024.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Syukri Arief, M. Eng mengungkapkan pihaknya menyediakan 17 lokasi ujian di Kampus Limau Manis yang tersebar diberbagai labor computer dari beberapa fakultas dan juga sekolah pascasarjana.

“Untuk lokasi ini, nantinya peserta akan lebih dimudahkan dengan adanya scan QR Code (google map) serta juga akan ada pemandu dari Menwa, Pramuka dan juga petugas keamanan Universitas Andalas,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan UTBK di UPT Pusat Bahasa pada Selasa (30/4).

Selain itu, ia juga menyiagakan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Universitas Andalas selama pelaksanaan ujian berlangsung.

"Untuk Sumatera Barat sendiri terdapat tiga lokasi pusat UTBK SNBT yakni Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang," sambungnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D menuturkan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

“Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Jalur SNBT diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai langkah awal dalam proses seleksinya.

“Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali dan hasilnya hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja,” pungkasnya.(*)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.