Sepekan Jelang Idul Adha, Stok Bahan Pangan Kota Padang Aman.

REALITANUSANTARA.COM

PADANG - Sepekan jelang Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan memastikan bahwa stok bahan pangan di daerah tersebut dalam kondisi aman.

Untuk mengecek ketersediaan stok bahan pangan di tingkat pedagang, tim Dinas Perikanan dan Pangan turun langsung ke pasar-pasar yang ada di Kota Padang, Minggu (09/06/2024).

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Nila Sari Ardi menyebut bahwa bencana alam yang berakibat putusnya sejumlah akses jalan menuju Kota Padang tidak berpengaruh signifikan terhadap stok bahan pangan.

"Dari ketersediaan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Memang ada beberapa bahan pangan yang harganya masih tinggi, tapi secara keseluruhan masih stabil, kenaikan harga terjadi karena truk pengangkut harus jalan memutar," katanya, Senin (10/06/2024).

Akibat dari putusnya akses jalan yang membuat perjalanan harus memutar tersebut, Nila mengatakan terjadi keterlambatan dalam hal kedatangan barang dari jadwal biasa. Namun begitu, stok bahan pangan masih tetap aman dan masyarakat diimbau tidak melakukan panic buying.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, stok beras pada Juni 2024 masih di angka 1.050 ton,  stok cabai rawit 17,37 ton, cabai merah 32,26 ton, stok bawang putih 11.40 ton, dan stok bawang merah 29,02 ton.

Selanjutnya, untuk stok daging sapi 25,03 ton, stok daging ayam 70,21 ton, stok telur ayam  110,99 ton, stok gula pasir 56,65 ton, dan untuk stok minyak goreng 64,47 ton. (taufik/ivan)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.