universitas Andalas Padang gelar konferensi pers terkait penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri ( SIMA ).

REALITANUSANTARA.COM

PADANG -  universitas Andalas Padang gelar konferensi pers terkait penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri ( SIMA ). Pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri atau SIMA Unand, dibuka mulai tanggal 27 Mei ini.

Hal tersebut disampaikan oleh wakil rektor l Unand Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng  dalam penilaiannya di enam skema yang disediakan, bakal lebih berpeluang lolos bagi peserta yang mendapatkan nilai tinggi di ujian tulis nantinya," paparnya saat konferensi pers Rabu 22 mei 2024 di lantai lV rektorat kampus Unand.

Lebih lanjut dia menyampaikan, dari 7505 kuota yang disediakan untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini, sekitar 2281 kuota untuk bagi mahasiswa yang masuk dari jalur mandiri.

Seleksi jalur SIMA Unand ini, ada enam skema dalam seleksi yakni seleksi berdasarkan kemampuan akademik, berdasarkan prestasi, seleksi untuk penyandang disabilitas, kerjasama, mahasiswa internasional dan kelas internasional.

"Di jalur mandiri ini kita akan tonjolkan untuk peserta yang mengikuti ujian tulis, karena kemampuan pasti akan lebih teruji dan berkompetensi," ucapnya

SIMA Unand ini, katanya, akan mulai dibuka pendaftaran pada 27 Mei hingga 24 Juni mendatang. Bagi yang sebelumnya sudah mendaftar di dua jalur sebelumnya, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), tetap diperbolehkan mendaftar di jalur mandiri.

"Boleh mendaftar lebih dari satu kali jalur seleksi, dan pilihan prodinya harus sama untuk setiap jalur, maksimal tiga prodi," katanya.

Untuk SIMA kerjasama dan difabel pendaftaran dibuka mulai 20 Juni sampai 27 Juni mendatang, sedangkan untuk SIMA Internasional sudah dibuka sejak 1 April dan berakhir pada 31 Mei 2024 ini.

"Pengumuman hasil seleksi untuk semua skema ini sama, yaitu pada 7 Juli 2024," jelasnya.

Sedikit berbeda untuk prodi arsitektur, Syukri mengatakan kalau untuk peserta di jalur ini ada tes kompetensi, yaitu menggambar. Sementara untuk SIMA prestasi Tahfiz akan dicek kebenaran data pada awal Juli.

Kita berharap penerimaan tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Siswa yang memilih Unand diharapkan juga berkomitmen kuliah di Unand jika lulus nantinya," tuturnya.

Dia juga menyinggung terkait UKT kita tidak menaikan UKT sejak sepuluh tahun yang lalu UKT tergantung fakultas.

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.